Cara Budidaya Lovebird Terlengkap Hasil Maksimal

Cara Budidaya Lovebird Terlengkap Hasil Maksimal -  Budidaya Lovebird . Burung loverbird adalah burung yang agak sedikit berbeda dengan burung burung pada umumnya. burung lovebird lebih senang berdua dengan pasanganya dari pada seperti burung pada umunya yang berkicau sepanjang hari. Ternak burung lovebird adalah salah satu andalan usaha bagi mayoritas masyarakat surabaya pinggiran, karena proses perawatanya yang mudah, burung lovebird juga mempunyai daya tarik tersendiri bagi kaum pecinta burung, mungkin salah satu hal yang menarik dari burung ini adalah bentuknya yang mungil dan lucu.

Berhubung banyaknya pertanyaan tentang bagaimana cara budidaya burung lovebird maka di sini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara budidaya burung lovebird tersebut.

Cara Budidaya Lovebird Terlengkap Hasil Maksimal



1. Persiapkan kandang atau sangkar

Langkah pertama Anda harus mempersiapkan sangkar burung lovebird. Sangkar lebih baik dibuat dari kawat ram atau jenis sangkar besi yang berukuran PxLxT 50x50x50cm. Kemudian letakan pula tempat untuk burung nantinya bertelur yang terbuat dari kotak berukuran PxLxT 25x20x25cm. Selain itu, jangan lupa tempat tenggeran burung lovebird nantinya.

2. Pemilihan bibit lovebird

Banyak sekali para peternak lovebird yang merasa kesulitan ketika menentukan mana jenis betina dan mana jenis jantan. Dari segi fisik burung lovebird sangat sulit sekali dibedakan satu dengan yang lain, apalagi sekarang ini telah ada banyak sekali jenis lovebird di pasaran.
Salah satu cara membedakan lovebird jantan dan betina adalah dengan memasangkannya selama 2 minggu. Apabila dalam waktu tersebut tidak ada telur yang keluar, maka bisa dipastikan semuanya jantan. Akan tetapi, bila mengeluarkan telur lebih dari 6 itu berarti betina semua.

3. Ketahui usia produksi telur

Jika Anda ingin mendapatkan anakan lovebird dengan cepat, lebih baik ternaklah burung lovebird yang sudah memasuki usia 1 tahun lebih. Karena biasanya lovebird yang berusia kurang dari 1 tahun pada dasarnya belum siap bereproduksi.

4. Perjodohan

Ibarat pasangan Romeo dan Juliet, burung lovebird hanya mau kawin dengan satu pasangan sepenjang hayatnya. Burung satu ini berbeda dengan jenis burung lain yang cenderung suka melakukan poligami atau poliandri. Oleh sebab itu, usahakan hanya memberikannya satu jodoh saja jangan lebih.

Cara menjodohkan burung lovebird sangatlah mudah sekali. Anda tinggal mendekatkan dua kandang yang masing-masing berisi lovebird berbeda jenis kelamin. Apabila mereka berdekatan selama 3-7 hari, bisa dipastikan jodoh.

5. Telur dan pengeraman

Pasangkan glodok pada bagian kandang sebagai tempat lovebird bertelur dan melakukan pengeraman. Di habitat aslinya, lovebird bertelur di sebuah sarang yang terbuat dari ranting pohon kecil. Maka dari itu, usahakan sangkar burung tersebut senyaman mungkin untuk tempat bertelur dan mengerami.

Biasanya lovebird akan bertelur mulai dari 4-6 butir. Tidak perlu cemas ketika indukan tak mau mengerami telurnya, sebab biasanya dia akan mengerami setelah telur ke -3 berhasil dikeluarkan. Setelah 23 hari, telur-telur tadi sudah menetas dan menghasilkan anakan lovebird.


Catatan : 

Dalam Beternak Burung Lovebird Peternak harus bisa mengetahui usia produksi bertelur pada burung lovebird, Pada usia 32 minggu sebenarnya burung lovebird sudah bisa bertelur namun telur yang dihasilkan kurang bagus,karena walaupun bertelur jarang sekali bisa menetas, usahakan peternak bersabar hingga usia burung tersebut mencapai umur satu tahun kalender. Agar telur yang dihasilkan bagus dan kualitas telur yang didapat menetas secara sempurna.

Jika sudah memulai massa kawin segeralah sediakan persiapan yang baik dan bagus agar burung lovebird bisa mengeramkan telurnya dengan nyaman dan tidak mengalami stress, dan bibit yang dihasilkan pun berkualitas dan laku laris di pasaran.

Demikianlah informasi lengkap mengenai Cara Budidaya Lovebird Terlengkap Hasil Maksimal . Terimakasih

1 Response to "Cara Budidaya Lovebird Terlengkap Hasil Maksimal"

  1. Selamat pagi, boleh saya minta kontak? bila anda berkenan, saya ingin mendiskusikan kerja sama. Terimakasih

    ReplyDelete